Sambutan Ketua Program Studi

Assalamu’alaikum, wr, wb.

Selamat datang di website Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta. Dengan adanya Website ini diharapkan dapat menjadi jembatan komunikasi dengan stakeholder (masyarakat) untuk lebih mengenal dekat profil program studi, sistem pendidikan, dan pengembangan keilmuan Teknik Industri yang telah dilakukan.

Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta berdiri pada tanggal 2 Maret 1992 dengan Nomor SK pendirian PS : 0122/O/1992 dan berlokasi di kampus III Universitas Bung Hatta, Jalan Gajah Mada No.19 Olo Nanggalo Padang. Bulan dan tahun dimulainya penyelenggaraan Program Studi adalah Maret 1992. Saat ini Jurusan Teknik Industri sudah Terakreditasi BAN-PT dengan peringkat Akreditasi B dengan Nomor SK BAN-PT: 3367/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019.

 Program Teknik Industri merupakan suatu disiplin ilmu kerekayasaan yang berkaitan erat dengan proses perancangan (design, perencanaan, penginstalan, pengoperasian dan perbaikan dari suatu sistem integral yang terdiri dari faktor-faktor industri yaitu manusia, mesin dan peralatan, material, uang, energi dan informasi yang ada pada suatu sistem industri.

 Keunggulan Prodi Teknik Industri Universitas Bung Hatta adalah menciptakan lulusan dengan mempunyai kompetensi dalam kemampuan melakukan  perbaikan dan rekayasa sistem industri/ jasa untuk merancang ulang proses dan kemasan produk UMKM. Prodi Teknik Industri Universitas Bung Hatta memiliki 3 bidang/ kompetensi yaitu :

  1. Operational Science : ilmu dan pengetahuan yang berkaitan dengan pengaturan perilaku dan pengelolaan kelompok kerja.
  2. Ergonomics/ Human Factors Engineering : ilmu dan pengetahuan yang berkaitan dengan pemberdayaan manusia dalam sistem integral.
  3. Production Engineering : ilmu dan pengetahuan yang berkenaan dengan perancangan dan pengelolaan proses manufaktur serta perencanaan dan pengendalian produksi.

 Lulusan sarjana Teknik Industri sampai saat ini telah diserap diberbagai bidang mulai dari perbankan, pemerintahan, swasta, industri manufaktur, industri jasa, pendidikan, bahkan tidak sedikit yang memantapkan karier sebagai wirausaha/ wiraswasta.

 Semoga webiste resmi ini dapat memberikan informasi yang selengkapnya terkait Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta. Apabila terdapat informasi yang belum tercantum di website ini, maka kami persilahkan untuk langsung kontak ke kami.

Terimakasih atas perhatian dan kunjungan Anda.

 Wassalamu’alaikum, wr, wb.

 

 Ketua Prodi Teknik Industri Universitas Bung Hatta

Ir. Ayu Bidiawati JR, M.Eng, IPM, Asean Eng

Artikel Terkait