• title 1
  • title 2
  • title 3
  • title 4
  • title 5

Program Kompetisi Kampus Merdeka, dengan Praktisi DUDI dalam Upaya Pembelajaran dilapangan Berbasis Team Based Project/ Cased Method

"Program Kompetisi Kampus Merdeka, dengan Praktisi DUDI (Dunia Industri) dalam Upaya Pembelajaran Dilapangan berbasis Team Based Project/ Cased Method"

 

Program Kampus merdeka adalah perwujudan dari proses pembelajaran diperguruan tinggi dengan system yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kondisi belajar inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan dari mahasiswa. Program utama yaitu: kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, dan hak belajar tiga semester di luar program studi. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud berupa 1 semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi. Universitas Bung Hatta merupakan salah satu universitas yang lolos pada program hibah ini.

Pada tanggal 8 Oktober 2022, yang bertepat pada hari Sabtu Universitas Bung Hatta telah mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Focus Group Discussion (FGD): dengan praktisi DUDI (Dunia Industri) dalam Upaya Pembelajaran Dilapangan berbasis Team Based Project/ Cased Method” yang berlokasi di THE ZHM Premiere Hotel & Convention. Pada acara ini memiliki narasumber yang telah berpengalaman didunia industri yaitu bapak Marwanto, S.S. (GM of PPIC PT. Kyowa Indonesia), Ibu Fitria Anafia, S.T. (Lead Manufacturing Engineer PT. Phillips Industries Batam), bapak Fauzan Diaz, S.T. (GM of Body Sunter Assembling Plant PT.Astra Daihatsu Motor).

Peserta yang ada adalah mahasiswa & mahasiswi, dan juga para dosen dan staf akademik Universitas Bung Hatta. Untuk rangkaian kergitan yang pertama diawali dengan pembukaan acara oleh MC yang dibawakan oleh Karina Munadiayuna Alhuda (Mahasiswa), lalu dilanjutkan dengan pelaporan dari bu Yesmizarti Muchtiar, S.T, M.T. dengan pelaporan atas tujuan dari mengadakan workshop FGD dengan praktisi DUDI (dunia industry) yaitu bertujuan untuk mendapatkan pembelajaran dengan incased project agar dapat melakukan peningkatan baik itu pembelajaran di mata kuliah dan juga sharing pengalaman setiap praktisi DUDI (Dunia Industri). Setelah melakukan pelaporan dilanjutkan sambutan dari ketua jurusan Teknik Industri Universitas Bung Hatta yaitu ibu Eva Suryani, S.T., M.T., setelah dkata sambutan dari ketua jurusan Teknik Industri dilanjutkan dengan memberikan jalannya acara kepada moderator yaitu ibu Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng.

Pada acara ini dimulai dengan narasumber pertama yaitu bapak Fauzan Diaz, S.T. yang memberikan banyak sekali metari dengan memberikan judul materi yaitu, “Engineering Role in Automotive Industry” dimana isi materinya antara lain, world exchange, 10 Skill of 2025, demand, engineer, dan supply.

Selanjutnya pemberian materi dari bapak Marwoto seputaran peluang jurusan Teknik Industri pada production control QC, Marketing, Utility Control, Production Engineering. Semua fresh graduate lebih dianjurkan melakukan pembiasaan dalam setiap melakukan kegiatan harus based on data semua dan public speaking yang harus lebih di perlancar.

Selanjutnya Pemberian materi dari ibu Fitria Anavia, S.T. dengan judul materi yaitu “The Challenges of Industrial Engineering Graduates in The Manufacturing Industry” dengan pemaparan yang disampaikan antara lain, lean 6 methodology, DMAIC, the 7 wastes, basic requirement bagi fresh graduate.

Untuk Penutupan kegiatan workshop FGD bersama praktisi DUDI (Dunia Industri) dengan melakukan penyerahan piagam kepada setiap nara sumber yang diberikan oleh Wakil Dekan Fakulatas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta ibu Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng.

Artikel Terkait